Keagamaan Dan Sopan Santun Dalam Lomba Tari Saman

Pelaksanaan Wisuda Periode X T.A. 2018/2019
5 April 2019
RANTAI SPESIAL
6 April 2019

Sebagai salah satu lembaga otonom yang berada di dalam lingkup Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Brawijaya, Economic and Business Dance Club (EDC) turut berperan serta dalam setiap kegiatan seni dan budaya yang diadakan oleh Untittled Production Indonesia. Kompetisi adalah suatu kesempatan bagi EDC untuk menunjukkan keberadaan dan kemampuannya, juga untuk menguji daya kreativitas dari para anggota EDC. Berawal dari keinginan tersebut, maka EDC berusaha dengan maksimal mengangkat nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis mempertahankan apa yang telah dapat diraih sebelumnya.  Pada tanggal 6 April 2019, Tim EDC genre tari saman akan mengikuti lomba yang bernama “SeisDance Modern Generation of Ratoh Jaroe Festival” di UIN Jakarta.

            Lomba ini bersifat lomba nasional yang diikuti oleh para seluruh penari saman di Indonesia dari pelajar, tingkat mahasiswa dan umum di seluruh Indonesia. Lomba yang diadakan pada tanggal 6 April 2019 ini tidak ada tahap seleksi video. Melainkan langsung datang ke tempat lomba dan menarikan tarian yang telah dipersiapkan setelah 2 bulan lamanya tim delegasi EDC melakukan latihan. Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukaddimah atau pembukaan, tampil seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

            Pemenang dari lomba ini akan diambil 4 pemenang. Yang terdiri dari juara 1, 2, 3 dan juara favorit. Penilaian pemenang berasal dari kekompakan, konsep yang dibawakan, kostum yang menarik, kebersamaan dan pola lantai yang bagus. Selain itu untuk lomba favorit akan diambil penilaian dari like terbanyak instagram yang telah di post oleh panitia. Dalam lomba “SeisDance Modern Generation of Ratoh Jaroe Festival”  yang diperuntukkan khusus untuk tarian saman ini, EDC akan mengirimkan tim delegasi khusu saman yang terdiri dari 14 orang. Diantaranya adalah : Endah Rekno Palupi (IE 17), Siti Sholikhatin (Akuntansi 18), Addina Amalia Anggi (Akuntansi 18), Amila Aulia Sari (IE 16), Amirah Afani (Akuntansi 18), Annisa Salsabilla (IE 18), Bunga Putri (IE 17), Eling Shidqi Aswidisukma (Akuntansi 18), Masyitoh Febriatin Ningsih (Manajemen 18), Nabila Safira Ramadhanty (IE 16), Salma Nurhalida (IE 18), Nariswari Alifathea Jasmine (Akuntansi 18), Ika Octavia (Manajemen 18), Ryonti Madhani (Akuntansi 18).

Contact Person :

Rr. Chandra S Mayasari (085233221139)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan