Semangat Qurban Dan Pembangunan Bangsa

Anies Rasyid Baswedan: BERBUAT UNTUK INDONESIA MENGABDI UNTUK NEGERI
31 October 2013
Rangkaian Kegiatan Dies Natalis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Ke 52
7 November 2013

Prof. Candra Fajri Ananda

“Semangat Qurban Dan Pembangunan Bangsa”

Candra Fajri Ananda
Dekan Fakultas EKonomi dan Bisnis
Universitas Brawijaya

Dalam konteks pengorbanan (dalam melaksanakan perintah Ilahi) sebenarnya semangat kurban dapat kita tampilkan sebagai ibadah sosial yang mampu mengobati sejumlah persoalan bangsa. Di tengah makin pesatnya perkembangan peradaban dan teknologi, kita tidak dapat memungkiri masih banyak masyarakat miskin di negara kita yang membutuhkan pertolongan sekitar 15% penduduk masih hidup dibawah garis kemiskinan. Struktur ekonomi yang timpang juga telah menciptakan kesenjangan sosial yang tidak adil (porsi konsumsi 40% penduduk termiskin hanya 19,10% pendapatan nasional). Kondisi ini masih ditambah rentannya ekonomi nasional terhadap dampak krisis ekonomi dan keuangan global yang masih terus berlangsung dan kita tidak tahu sampai kapan deru krisis global akan berhenti.

Dengan melihat keadaan semacam ini, tentu wajar jika muncul pertanyaan, di mana peran ibadah kurban yang dilakukan umat Islam Indonesia selama ini? Mungkinkah kurban menjadi ibadah sosial yang manfaatnya benar-benar dirasakan bangsa ini? Apakah semangat qurban ini telah merubah watak dan karakter bangsa ini? Jawaban atas pertanyaan ini akan sangat bergantung pada bagaimana kurban dimaknai sebagai salah satu rangkaian ibadah di hari raya Idul Adha ini. Jika kurban hanya dimaknai sebatas ibadah ritual setiap tahun dengan menyembelih binatang ternak semata, maka selama itu pula nilai kurban akan berakhir dengan habisnya pembagian daging binatang sembelihan.

* Naskah Khutbah ini disampaikan pada Idul Adha (15 Oktober 2013) yang dilakasanakan di Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya.

Download PDF

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan