Sidang Komisi dan Perumusan Cetak Biru (Blue Print) Arsitektur Pendidikan Akuntansi Indonesia KNPAI-JAFEB UB

Seminar Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) JAFEB UB
19 April 2012
Dua Mahasiswa Double Degree FEB UB Ikuti Wisuda Periode V Tahun Akademik 2011/2012
21 April 2012

Masih dalam rangkaian acara Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI), Kamis-Jumat (19-20/4), JAFEB UB mengadakan sidang komisi, penyelarasan dan perumusan hasil antar komisi serta penyampaian hasil rumusan cetak biru arsitektur pendidikan akuntansi.

Sidang komisi serta penyelarasan dan perumusan hasil antar komisi diadakan Kamis (19/4) di Gedung E dan Ruang Sidang Utama Gedung Dekanat FEB UB. Sidang komisi ditujukan untuk menghasilkan rumusan arsitektur pendidikan akuntansi Indonesia. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 5 komisi yaitu, komisi Vokasi, S1, S2, S3, dan PPAk. Para peserta dibagi dalam beberapa komisi untuk mendiskusikan dan merumuskan pendidikan pada masing-masing jenjang. Setiap komisi dipandu oleh pemimpin sidang komisi yang bertugas mengarahkan forum agar mampu menghasilkan rumusan arsitektur pendidikan. Sementara sesi penyelarasan dan perumusan hasil antar komisi diikuti oleh perwakilan masing-masing level pendidikan (3 pemrasaran, 1 perwakilan komisi, notulensi, dan moderator).

Hari selanjutnya, Jumat (20/4), dilakukan penyampaian hasil rumusan cetak biru arsitektur pendidikan akuntansi yang masih bersifat tentatif oleh Prof. Dr. Unti Ludigdo, Ak. Cetak biru arsitektur pendidikan akuntansi menghasilkan beberapa indikator pendidikan akuntansi untuk setiap level (Vokasi, S1, S2, S3, dan PPAk), diantaranya: 1) Perilaku berkesadaran (attitude with consciousness), 2) ilmu pengetahuan (science based knowledge), dan 3) kompetensi berbasis keahlian (skill based competence). (mir/ris)