SOCIAL IN ACTION

RESEARCH AND DEBATE COMPETITION 2019
13 October 2019
Dilema Pajak Ekonomi Digital
14 October 2019

Dewasa ini, banyak sekali desa maupun daerah yang yang melakukan berbagai pembangunan yang pesat. Namun sangat disayangkan pembangunan ini tidak berlangsung secara merata, masih banyak dijumpai adanya pembangunan desa yang kurang maksimal dari segi lingkungan yang terutama mencakup pembangunan ekonomi, sarana dan prasarana, sosial, maupun pendidikan serta sumber daya manusianya. Hakekat pembangunan desa sendiri bertujuan untuk memperbaiki kondisi dan taraf hidup masyarakat.

Salah satu dusun tertinggal yang membutuhkan pembangunan lebih adalah Dusun Pusung, Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Dusun Pusung terletak di daerah kaki Gunung Arjuna. Kondisi geografis yang berupa pegunungan dan akses jalan yang sulit menyebabkan pembangunan di desa ini cukup terhambat.

Dusun Pusung sebenarnya memiliki potensi yang baik apabila dapat diolah dengan tepat dan benar. Dari segi perkebunan, desa ini memiliki lahan yang cukup luas namun sayang dalam pemanfaatnya kurang efektif sehingga hasil tanaman pun tidak maksimal. Selain itu kondisi perekonomian warga Dusun Pusung yangat rendah karena kurangnya pengetahuan dalam mengelola sumber daya alam yang ada yang pada akhirnya berdampak pada tingginya angka putus sekolah karena keterbatasan ekonomi dan meningkatnya angka menikah di usia dini pada warga Dusun Pusung.

Melihat kondisi yang seperti ini, kami sebagai mahasiswa yang memiliki peran sebagai agent of change dan agent of social control tergerak untuk mengimplementasikan peran kami tersebut melalui kegiatan Social in Action, dimana kami dapat berkontribusi secara langsung kepada masyarakat luas. Kegiatan ini kedepannya diharapkan dapat meningkatkan kepekaan sosial para mahasiswa FEB UB pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Social in Action tahun ini mengusung tema “Bergerak Mengabdi Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera”, dengan membawa tiga fokusan, yaitu pengembangan kualitas sumber daya manusia, ekonomi, dan infrastruktur. Social in Action 2019 berlangsung selama 3 hari pada tanggal 11,12, dan 13 Oktober 2019 di Dusun Pusung, Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Kegiatan pada hari Jumat diawali dengan keberangkatan panitia menuju Dusun Pusung. Setelah sampai di Dusun Pusung dan melaksanakan Sholat Jumat, kegiatan selanjutnya adalah pembangunan fisik dan pojok baca, kemudian dilanjutkan dengan persiapan sarasehan. Sarasehan dan pengajian bersama warga Dusun Pusung dilakukan setelah Sholat Maghrib  , dengan mengundang seorang pemateri bernama Ustad Sholahudin Al-Fatih, yang merupakan seorang dosen sekaligus aktivis dakwah.  Pada hari kedua, setelah sarapan akan diadakan senam bersama dan outbond bersama anak-anak Dusun Pusung. Dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan. Kemudian di malam hari akan diadakan pertunjukan pentas seni drama. Dan pada hari terakhir, panitia bersama warga Dusun Pusung mengadakan kerja bakti.

Harapan besar bagi panitia adalah semoga acara ini dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Dukungan dan kerja sama dari semua pihak sangat diharapkan agar acara ini berjalan dengan sukses. Amin.

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan