TEMU FISIK II FMEI (Student Forum Economic Indonesia) BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2015

ECSOTIC 2015 BEM FEB UB
19 November 2015
GENERAL CONFERENCE STUDENTS ECONOMICS AND BUSINESS FACULTY BRAWIJAYA UNIVERSITY 2015
19 November 2015

FMEI (Forum Mahasiswa Ekonomi Indonesia) merupakan sebuah forum yang mempertemukan mahasiswa ekonomi Indonesia dengan BEM FEB UB sebagai salah satu anggota aktifnya. Dalam forum ini, BEM FEB UB diwakili oleh Divisi Hubungan Diplomasi Eksternal, Depertemen Hubungan Masyarakat dan Divisi Aksi Propaganda, Departemen Kajian dan Aksi Strategis. Tujuan dilakukannya FMEI ini adalah melakukan pengkajian terhadap isu-isu ekonomi nasional yang ada di Indonesia dan melakukan pencarian solusi untuk masalah terkait. Tidak hanya itu, dalam forum tersebut juga dibicarakan bagaimana cara yang dapat dilakukan agar pengkajian yang dilakukan mampu tersampaikan pada mahasiswa dan masyarakat luas.

Dalam satu periode, FMEI dilakukan sebanyak dua kali. Pertemuan pertama dalam periode ini dilakukan pada tanggal 30-31 Mei 2015 di Universitas Padjajaran, Bandung. Pertemuan kedua dalam periode selanjutnya  dilakukan pada tanggal 09-10 Oktober 2015 di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang. Dalam forum tersebut, diikuti oleh 10 Universitas yaitu Universitas Brawijaya (UB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Sriwijaya (UNSRI), Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Soedirman (UNSOED), Universitas Gajahmada (UGM), dan Universitas Diponegoro (UNDIP). Tema besar yang dibawa dalam FMEI kali ini adalah Pengawalan Realisasi Pembangunan Desa sesuai dengan Nawacita Kabinet Kerja Joko-Widodo

Agenda FMEI dialokasikan dalam dua hari. Hari pertama memiliki agenda untuk forum kajian, forum eksternal, dan dilanjutkan dengan forum besar di hari kedua. Hal yang dilakukan oleh forum kajian adalah melakukan pengkajian terhadap tema besar. Dalam pengkajian ini, masing-masing universitas mempresentasikan hasil kajiannya selama lima bulan terakhir kemudian dilanjutkan oleh tanya jawab dan ditutup oleh perumusan solusi. Pengkajian ini dilakukan sejak pukul 16.30 hingga pukul 02.30 WIB di Ruang Pertemuan Hotel Ubud, Malag yang ruangannya dipisah dengan forum eksternal.. Sedangkan untuk agenda forum eksternal dilakukan untuk pembahasan Rencana Strategis FMEI yang akan berakhir pada tahun ini. Setelah forum kajian dan forum eksternal usai, kedua forum ini dipersatukan dalam satu forum besar untuk membahas tuan rumah FMEI selanjutnya sekaligus tema yang akan dibawa.

Hari kedua dalam FMEI memiliki agenda yaitu para delegasi diikut sertakan dalam Kegiatan Simposium nasional yang diadakan oleh Departemen Kajian dan Strategi BEM FEB UB 2015 yang merupakan aksi pencerdasan atas resolusi Kajian FMEI padapertemuan pertama di bandung Dengan Tema Maritim. Setelah para delegasi mengikuti Simposium Nasional, panitia  pelaksana pertemuan fisik FMEI mengadakan konfrensi pers untuk mempublikasikan eksistensi beserta hasil Forum Kajian FMEI di berbagai media sosial, beberapa yang meliput antara lain media cetak Kompas, Republika.com, Malang Voice, dan Gajayana TV dan dilanjutkan dengan Forum Besar untuk meresmikan hasil forum eksternal dan forum kajian beserta penentuan tuan rumah pertemuan fisik berikutnya. Setelah melewati diskusi panjang, maka dengan persetujuan semua anggota FMEI, secara resmi ditentukan tuan rumah Pertemuan Fisik berikutnya adalah bertepatan di Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan. Untuk menghakhiri kegiatan pertemuan Fisik FMEI di Universitas Brawijaya, panitia membuat kegiatan makan malam bersama di Restoran Mbok Djuminten, yang terletak dekat dengan Monumen Tugu Kota Malang bersamaan dengan penutupan Pertemuan Fisik FMEI di Malang. BEM FEB UB 2015 selaku tuan rumah bertanggung jawab dan mengantarkan setiap delegasi anggota FMEI ke tempat persinggahan untuk pulang ke asalnya masing-masing seperti stasiun, kereta, dan bandara.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan