MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA BERHASIL MENJADI JUARA II DI AJANG LOMBA ESAI HARLAH EKIS III UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

KATULISTIWA (Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional) 11
23 April 2019
Pelatihan Penulisan 2019
23 April 2019

Mahasiswi Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya berhasil mendapat Juara II di ajang Esai tingkat nasional. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Jurusan Ekonomi Islam Universitas Tangjungpura. Harlah Ekis Iii merupakan acara tingkat nasional dari Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam FEB Universitas Tanjungpura yang mengundang seluruh Mahasiswa/i di seluruh Indonesia untuk mengikuti Esai dengan cara mengirimkan Esai mereka ke Sekretariat Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam FEB, yang nantinya akan dipilih sepuluh karya terbaik yang akan diundang untuk mempresentasikan Esai mereka di Kota Pontianak.

       Selain mempresentasikan karya mereka, para peserta nantinya akan mengikuti dua rangkaian acara HARLAH EKIS III berikutnya, yaitu Kuliah Umum dan Field Trip Kota Pontianak. Para peserta akan mengikuti kuliah umum yang pembicaranya adalah orang yang sangat berkompeten di bidangnya, dan setelah itu mereka akan diajak untuk melihat lebih dekat Kebudayaan Pontianak lewat Field Trip kebeberapa destinasi di Kota Pontianak.

Acara ini diadakan dalam rangka pengembangan kreatifitas serta peran dari para pemuda Indonesia yang merupakan generasi muda dengan semangat juang yang tinggi. Acara ini mengangkat tema “Peran Generasi Muda dalam Menjadikan Syariah Sebagai Dasar untuk Mengembangkan Perekonomian di Indonesia”. Menurut data yang dirilis Pew Research Center (2017), Islam merupakan agama kedua terbesar yang dianut oleh seluruh populasi dunia. Dimana jumlah total populasi manusia yang beragama Islam sebesar 1,8 juta jiwa, setara dengan 24,1% jumlah populasi dunia. Mayoritas agama Islam dominan di negara-negara Asia Tengah, Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Semenanjung Sahara. Negara Indonesia merupakan salah satunya. Hal ini menjadi sebuah peluang juga sebuah tantangan bagaimana mengembangkan sebuah potensi untuk bisa meningkatkan perekonomian Indonesia seiring kebutuhan dari para muslim yang berdasar pada syariah.

Kami berharap semoga kegiatan HARLAH EKIS III 2019 dengan berbagai inovasi dari para generasi muda inilah yang akan menyumbangkan pemikiran yang inovatif dan kreatif dengan memberikan dampak bagi Indonesia kedepannya untuk membangun Indonesia kedepannya. Inovasi dan kreatifitas para anak bangsa dalam berkarya akan membantu Indonesia menjadi negara yang mampu bersaing di dunia luar.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan