Usaha Mahasiswa JM FEB UB Berhasil Go International

Erupsi Gunung Kelud Tidak Ganggu Perkuliahan Jurusan Manajemen FEB UB di Kampus UB IV Kediri
21 February 2014
JPIC FEB UB Sukses Gelar Job Fair
23 February 2014

Wajah Kharisma Christianto, Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JM FEB UB) Angkatan 2010 ini beberapa kali menghiasi halaman surat kabar lokal diantaranya Radar Malang dan Surya. Kisah hidupnya sebagai seorang pengusaha muda yang memproduksi dan menjual kostum-kostum jersey sepak bola dan futsal hingga diekspor ke Jepang, Qatar, dan Brunei Darussalam menjadi topik khusus.

Jion (panggilan akrab Kharisma Christianto) membangun usaha bersama adiknya (Febrialian Dani). Rumah berlantai dua yang berada di Perumahan Bumi Mondoroko Raya Blok AE/1 menjadi tempat mereka menjalankan bisnisnya yang diberi label Noij (diambil dari nama Jion yang dibalik mengadopsi bahasa walikan Malang). Meskipun belum genap 1 tahun (mulai bisnis April 2013) omzet per bulannya yang diperoleh tidak bisa dibilang sedikit, Sedikitnya 100 juta/ bulan dapat dihasilkan dari penjualan jersey Noij ini Dibandrol dengan harga antara Rp 110 ribu hingga Rp 210 ribu. Beberapa koleksi Jersey yang dijual tidak semuanya merupakan hasil karya Jion dan adiknya, namun ada pula yang ia impor langsung dari Thailand dan Singapura untuk dipasarkan di Indonesia, khususnya Malang. Bahan baku ada yang didatangkan dari Bandung dan impor dari China.

Mahasiswa yang tidak pernah absen mengikuti kegiatan kewirausahaan ini terus menerus menimba ilmu untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Hal ini terbukti, ia ikut dalam kegiatan pelatihan E-commerce bagi pelaku usaha yang juga diadakan dilingkungan FEB UB. Hal ini dilakukan karena untuk memasarkan produknya, Jion tidak hanya memajang kaos miliknya di toko, tapi juga memasarkannya melalui dunia maya (website dan media sosial lainnya). Bahkan, tidak jarang ia menjual produknya di event-event yang ada di kampus seperti Entrepreneurship Day.

Kreativitas Jion tidak sampai disitu saja, ia juga memproduksi kaos-kaos khusus mahasiswa dengan ciri tulisan-tulisan unik dan mengundang tawa seperti “IPK Bukan Penentu Nasib” atau “Salah Jurusan, Belum Tentu Salah Masa Depan”. Untuk kaos-kaos ini, harga yang dibandrol berkisar 110 ribu. “Salah satu strategi penjualan kami adalah kami membuat kaos limited edition”, jelas Jion beberapa waktu lalu saat mengikuti pelatihan kewirausahaan di Ruang A 3 Gedung A FEB UB. (ris)

 

*beberapa informasi dan foto disarikan dari Radar Malang Online dan Surya Online.

Lihat lengkap berita Kharisma Christianto di RadarMalangOnline dan SuryaOnline

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan