<!–:id–>BRAWIJAYA ACCOUNTING FAIR 2014<!–:–>

<!–:id–>Dekan FEB UB Apresiasi Mahasiswa Pengguna Sepeda<!–:–>
13 November 2014
<!–:id–>Penutupan Workshop Pengelolaan Keuangan Daerah Angkatan III<!–:–><!–:en–>Penutupan Workshop Pengelolaan Keuangan Daerah Angkatan III<!–:–>
14 November 2014
Seminar Nasional BAF 2014

Seminar Nasional BAF 2014

Brawijaya Accounting Fair (BAF) 2014 yang diselenggarakan selama tiga hari, yakni mulai tanggal 10 hingga 12 November 2014 merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) FEB UB. Kegiatan ini adalah bukti eksistensi Jurusan Akuntansi dan HMJA FEB UB pada dunia luar . Tahun ini, Brawijaya Accounting Fair mengusung tema “The New Wave of Accounting in Globalization”. BAF 2014 sendiri memiliki 4 rangkaian acara yaitu Seminar Nasional, Accounting Case Analysis Competition, Running on BAF dan Gala Dinner.

DAY 1

Seminar Nasional

Seminar Nasional BAF 2014 yang diselenggarakan pada tanggal 10 November 2014 terdiri dari dua sesi seminar. Sesi pertama adalah sesi Plenary Session dan sesi kedua adalah Accounting Knowledge Bazaar. Plenary Session menyuguhkan dua subtema yaitu perkembangan terkini standar dan regulasi profesi akuntansi serta rancang bangun profesi akuntan menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Institut Akuntan Publik Indonesia(IAPI). Keynote Speaker pada gelaran BAF 2014 adalah M. Jusuf Wibisana, M.Ec., Ak., CPA., CA. yang merupakan Financial Partner at PWC sekaligus dosen FEB UB. Subtema pertama dibawakan oleh Agus Suparto, MBA., Ak. yang merupakan Kepala Bidang Pembinaan Usaha dan Akuntan Publik Kementerian Keuangan. Sedangkan subtema kedua dibawakan oleh Ketua Dewan Sertifikasi IAPI, Dr. M. Achsin, Ak., CPA., CA. dan anggota DPN IAI, Heliantono, CPA., CA., CIFR., M.Ak.

Accounting Knowledge Bazaar, diisi dengan update PSAK mengenai Aset Tetap dan Instrumen Keuangan. Terdapat dua kelas dalam sesi ini, yaitu kelas Aset Tetap dengan pemateri M. Jusuf Wibisana, M.Ec., Ak., CPA., CA dan kelas Instrumen Keuangan dengan pemateri  Dr. Dwi Martani, Ak., MM. Yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI).

DAY 2

Accounting Case Analysis Competition

Accounting Case Analysis Competition merupakan kompetisi analisis kasus antar mahasiswa jurusan akuntansi se-Indonesia. Para peserta diharapkan dapat menganalisis suatu kasus secara menyeluruh dan komprehensif. Peserta dapat menganalisis kasusnya dari berbagai sudut pandang misalnya akuntansi keuangan, akuntansi keuangan lanjutan,  auditing, etika bisnis, dan disiplin ilmu lain yang berkaitan. Kompetisi analisis kasus ini terdiri dari tahap yaitu tahap We Challenge You, Keep or Move, dan Speak it Out. Tahap We Challenge You merupakan tahap dimana para peserta diberi kasus awal, sebelum melanjutkan tahap selanjutnya di FEB UB pada 11 November 2014. Tahap Keep or Move merupakan tahap dimana peserta diberi kasus tambahan terkait kasus awal dan tahap ini diikuti oleh seluruh peserta tahap We Challenge You. Selanjutnya, tahap Speak It Out diikuti oleh tujuh tim dengan akumulasi nilai tertinggi dari tahap-tahap sebelumnya. Para peserta berasal dari berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Trisakti, Universitas Bunda Mulia, Universitas Negeri Surakarta, Universitas Jember, Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas Surabaya.

DAY 3

Running On BAF

Sebuah konsep baru dari field trip BAF 2014 dimana peserta dikenalkan pada Kota Malang dan sekitarnya. Para peserta Running on BAF diajak berjalan-jalan ke Kota Batu Malang disembari dengan permainan seru. Peserta Running on BAF merupakan peserta Accounting Case Analysis Competition. Destinasi Running on BAF pada tahun ini adalah alun-alun Kota Batu dan Wisata Museum Angkut.

Gala Dinner

Gala Dinner merupakan malam puncak BAF 2014 yang diselenggarakan pada tanggal 12 November 2014, setelah pada pagi harinya terdapat kegiatan Running on BAF. Gala Dinner dilaksanakan di Best Western OJ Hotel. Dalam rangkaian acara terakhir ini terdapat pengumuman juara Accounting Case Anlysis Competition dan Running on BAF. Gelar Juara Accounting Case Anlysis Competition berhasil disabet oleh tim delegasi dari Universitas Surabaya, sementara peringkat dua diraih oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan peringkat tiga diraih oleh Universitas Kristen Petra. (siti/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan