<!–:id–>Konsisten Tingkatkan Kualitas, Program Magister Manajemen FEB UB Selenggarakan AICMBS 2014<!–:–>

<!–:id–>Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2014/2015<!–:–><!–:en–>Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2014/2015<!–:–>
11 December 2014
<!–:id–>Pendidikan Dasar Penilaian (PDP 1)<!–:–><!–:en–>Pendidikan Dasar Penilaian (PDP 1)<!–:–>
16 December 2014

Negara di kawasan Asia Pasifik diprediksi akan menjadi negara dengan perekonomian kuat pada beberapa tahun yang akan datang. Hal tersebut melatarbelakangi Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) FEB UB membentuk suatu jurnal, yakni Asia Pacific Management and Business Application (APMBA). Salah satu kegiatan yang diadakan oleh Prodi MM terkait jurnal tersebut adalah konferensi dan seminar internasional dengan nama APMBA International Conference on Management and Business Science (AICMBS). Pada tahun ini, AICMBS 2014 diadakan selama dua hari, tepatnya tanggal 11-12 Desember 2014 di Aula Gedung Pasca Sarjana FEB UB.

Mengusung tema “Creating Innovation in Business Transformation”, konferensi internasional yang diprakarsai oleh Prodi MM berkeja sama dengan Jurusan Manajemen FEB UB ini bertujuan untuk menyuguhkan bahasan dan ulasan mengenai manajemen, dan bisnis di kawasan Asia Pasifik, sehingga dapat memberikan suatu kontribusi bagi masyarakat, khususnya kaum akademisi. Pada gelaran kali ini, panitia mendapat sekitar 40 Paper berasal dari 8 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Taiwan, Vietnam, Selandia Baru, Australia, India, dan Meksiko. Ke-40 Paper tersebut kemudian diseleksi hingga berjumlah 25 Paper yang akan dipresentasikan. AICMBS tahun ini menghadirkan dua orang pembicara, yakni Prof. Julian Cheng, Ph.D. dari National Central University Taiwan dan M. Taufiq Amir, Ph.D. dari Bakrie University.

Dalam pemaparan materinya, Prof. Julian Cheng, Ph.D. menekankan pada pentingnya kreativitas untuk berkompetisi dengan China yang memiliki sumber daya manusia, dan perusahaan dalam jumlah besar, atau berkompetisi dengan negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam. “Jadilah lebih kreatif untuk memenangkan persaingan”, ujar Ananda Sabil Hussein, S.E., M.Com., Ph.D., menyimpulkan materi yang disampaikan Prof. Julian Cheng, Ph.D.

Sementara Dr. M. Taufiq Amir menekankan pada pentingnya mengasah kemampuan dalam berinovasi untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada. Kemudian Beliau juga menyampaikan bahwa dalam memimpin, perlu menanamkan komitmen kepada orang-orang yang dipimpin untuk mencapai kesuksesan bersama. “Jangan hanya fokus pada kelemahan diri, karena hal tersebut menyebabkan kita gagal. Pikirkan juga tentang kelebihan dan kemampuan yang kita miliki. Berikan Proporsi yang sama untuk keduanya”, ujar M. Taufiq Amir, Ph.D. menutup materi Beliau.

“Semoga konferensi dan seminar internasional ini dapat menjadi wadah bertemu serta berkumpulnya para akademisi, praktisi, peneliti, dan pengamat di bidang ekonomi, bisnis, dan manajemen agar kedepannya dapat semakin berkonstribusi dalam bidang tersebut”, ujar Ananda Sabil Hussein, S.E., M.Com., Ph.D. selaku ketua pelaksana AICMBS 2014. Konferensi kali ini merupakan yang kedua, setelah pada tahun 2013 juga diadakan konferensi serupa. APMBA adalah jurnal internasional yang mengkhususkan pada bidang manajemen dan bisnis untuk kawasan Asia Pasifik. Saat ini APMBA sedang dalam proses menuju terindeks kokus. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan