<!–:id–>PPIKID UB Adakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di FEB<!–:–>

<!–:id–>BPKP: SIMDA Mudahkan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Daerah<!–:–>
6 November 2014
<!–:id–>Kuliah Tamu (Manajemen Syariah)<!–:–><!–:en–>Kuliah Tamu (Manajemen Syariah)<!–:–>
7 November 2014

Malang (4/11) Unit PPIKID (Peningkatan Publikasi Internasional Karya Ilmiah Dosen) Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah internasional. Penyelenggaraan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa Program Doktor ini digelar di Gedung F FEB UB.

Pelatihan ini dihadiri oleh Prof. Wani Hadi Utomo, Ph.D, yang menyampaiakan penjelasan tentang surat edaran Dirjen Pendidikan dan Peraturan Rektor tentang prasyarat akademik mahasiswa Program Doktor. Pelatihan ini juga dihadiri Setyo Tri Wahyudi, Ph.D., staf Pembantu Dekan (PD) Bidang Akademik FEB UB dan Ir. Ratya Anindita, Ph.D., Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB yang menyampaikan tentang permasalahan plagiasi dan tips mudah menulis di jurnal internasional.

“Terkuaknya kasus plagiasi akan berakibat fatal bagi mahasiswa dan institusi yang menaunginya. Oleh karena itu penting bagi mahasiswa untuk memahami pentingnya menjaga kemurnian karya ilmiah dengan memahami seperti apa kriteria plagiasi”, ujar Setyo Tri Wahyudi.

Dalam penyampaian materi tentang plagiasi Staf  PD Bidang Akademik FEB UB itu juga menyampaikan ada dua kriteria plagiarisme. Pertama, Unintentional Plagiarism (Plagiarisme yang tidak disengaja) dan Intentional Plagiarism (Plagiarisme yang disengaja). Praktik plagiasi yang disengaja sudah banyak dipahami oleh mahasiswa. Diantara praktik plagiasi yang disengaja yaitu penggunakan ide hasil tulisan orang lain dari internet atau sumber lain tanpa ijin, menyalin essay atau artikel dari internet atau lebih dari satu sumber tanpa menyebutkan sumbernya serta meminjam atau menggunakan istilah atau ide orang lain tanpa menyebutkan sumbernya secara jelas.

Satu hal penting, mahasiswa harus mengetahui benar tentang kriteria plagiasi. Agar tidak terjadi  plagiasi yang tidak disengaja . Plagiasi tidak sengaja seperti paraphrasing poorly (merubah beberapa kata tetapi struktur kalimatnya tetap), quoting poorly (mencantumkan kutipan yang tidak lengkap) dan citing poorly (pencatuman kutipan yang salah atau lupa mencantumkan kutipan). Ketidaktahuan akan hal ini akan menjadikan fatal dikemudian hari.

Sedangkan Ir. Ratya Anindita menyampaiakan tentang tips dan trik menulis karya ilmiah di jurnal internasional. Beliau menyampaikan menulis di jurnal internasional bukanlah suatu hal sulit. Pertama, mahasiswa harus melakukan persiapan yaitu menyiapkan paper hasil penelitian dan mencari informasi tentang junal mana yang akan dituju. Selanjutnya mahasiswa harus mengenali jati diri junal yang dituju dengan mempelajari dua tiga nomor terbitan terakhir,  guideline-nya,  persyaratan yang diminta dan membaca 3-4 artikel di dalamnya sambil membandingkannya dengan petunjuknya. Setelah melakukan tahapan ini mahasiswa dapat mulai untuk melakukan penulisankarya ilmiah.

Selain menyampaikan tips tahapan menulis di jurnal internasional, Dekan FIB ini juga mengingatkan mahasiswa untuk mencari tahu lebih dalam kriteria jurnal internasional yang baik dan berhati-hati pada jurnal predator.

Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah yang menjadi agenda rutin akademisi. Fakultas pun mengharapkan kualitas karya ilmiah mahasiswa Program Doktor FEB UB juga semakin meningkat dengan adanya pelatihan ini. Selain untuk meningkatkan predikat ranking UB tentunya juga untuk predikat FEB UB. (hdn/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan