Internasionalisasi Membawa Konsekuensi

Pisah Sambut Dekan FEB UB Tahun 2013
14 June 2013
Raker Jurusan Ilmu EKonomi: Evaluasi Kesesuaian Kurikulum Sesuai Syarat KBK untuk menuju WCEU
19 June 2013

“UB merupakan perguruan tinggi lokal namun gaungnya nasional”,ungkap Prof Candra Fajri A, SE.,M.Sc.,PhD (Dekan FEB UB) saat menyampaikan sambutan pertamanya sebagai Dekan FEB UB diacara Pisah Sambut Dekan pada Juni lalu. Sejak menduduki jabatan sebagai Dekan FEB UB periode 2013-2017, Prof Candra Fajri A, SE.,M.Sc.,PhD berupaya selalu memberikan arahan baik kepada dosen, karyawan dan mahasiswa demi kemajuan FEB UB. Usai mengadakan silahturahmi dengan karyawan, Rabu (17/6) bertempat di Ruang Sidang Utama FEB UB, Dekan melakukan tatap muka dengan para Dosen yang sedang dan akan studi lanjut S3.

Pada pertemuan yang turut dihadiri oleh Pembantu Dekan I (Dr Khusnul Ashar), Pembantu Dekan II (Didiet P Affandi, SE.,MBA.,Ak). dibahas beberapa hal penting, diantaranya mengenai posisi FEB UB ditingkat nasional dan internasional, langkah strategis yang harus ditempuh FEB UB pada posisi saat ini dan yang akan datang, serta progres rencana studi lanjut para dosen FEB UB.

FEB UB merupakan institusi pendidikan yang telah terakreditasi nasional dan internasional. Hal ini semakin membuat FEB UB diperhitungkan dan diperhatikan oleh masyarakat luas. Dalam hal langkah strategis yang harus ditempuh FEB UB, Dekan lebih menekankan pada internasionalisasi FEB UB. Dalam hal ini, Dekan mengajak karyawan, dosen dan mahasiswa untuk mendukung upaya tersebut.

Diungkapkan oleh Dekan bahwa tidak hanya dosen, karyawan juga memiliki tanggung jawab yang sama karena mereka adalah bagian dari institusi. Karyawan harus dibekali oleh kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris dan diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut. Dosen sebagai tenaga pengajar juga dituntut untuk terus memperbarui keilmuannya dengan menimba ilmu khususnya bagi dosen yang masih bergelar S2, diharapkan untuk segera melanjutkan studi S3. Dekan menegaskan bahwa UB dan FEB UB berkomitmen untuk mendukung dosen-dosen dalam hal studi lanjut baik dukungan material dan moril. Senada dengan Dekan, Pembantu Dekan I dan II berharap agar semakin banyak Doktor-Doktor baru yang dimiliki oleh FEB UB.

Dalam upaya memantapkan posisinya di tingkat internasional, FEB UB telah banyak melakukan Benchmarking ke beberapa perguruan tinggi di Luar Negeri.  “Kita sudah internasionalisasi, maka kualitas kita harus setara dengan perguruan tinggi yang ada di Luar Negeri”, jelas Pembantu Dekan II. Hal penting lain yang dibahas yaitu mengenai pentingnya keahlian khusus yang dimiliki oleh Dosen. “Kita harus berani menasbihkan diri sebagai seseorang yang ahli dibidang tertentu”, tegas Dekan dihadapan Dosen. Dekan berharap bahwa FEB UB memiliki dosen-dosen yang berkeahlian (akuntansi pemerintahan, CSR, UMKM dan lainnya) khusus sehingga kekhususannya itu dapat “dijual” dimasyarakat. “Keberadaan kita harus bisa memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar”, tambah Dekan mengingatkan agar keberadaan FEB UB dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, baik melalui pemberian pelatihan maupun kegiatan sosial lainnya.  (ris)

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan