Mahasiswa FEB UB Raih Kesempatan Exchange Ke China, Fully Funded!

International Accounting Weeks
9 March 2019
Tim FEB UB Raih Juara 1 dalam Ajang 5th International Accounting Week di UMY
12 March 2019

Kabar gembira datang lagi dari salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Rina Ervina (Ilmu Ekonomi 2016) mendapatkan kesempatan untuk melakukan pertukaran mahasiswa ke China yang diadakan oleh FPCI (Foreign Policy Community of Indonesia). Tahun ini FPCI mengadakan event “Write to China” yang bertujuan untuk menghimpun gagasan dari para mahasiswa seluruh Indonesia terkait hubungan politis antara China dan Indonesia.

Program ini bekerja sama dengan Kedutaan Besar China untuk Indonesia. Rina mendapatkan kesempatan ini setelah lolos seleksi esay lebih dari 3000 esay dan tes interview bagi 50 finalis yang lolos seleksi essay. “Sempet deg-degan karena interviewernya sangat tegas dalam bertanya” ujarnya. Proses seleksinya mulai dari proses seleksi berkas yang dimulai November-Desember akhir tahun lalu dan pengumuman juara baru diumumkan awal Maret ini.

Tema yang diangkat dari kegiatan ini adalah Streghning Bilateral Between Indonesian and China. Rina menjelaskan hubungan masa lalu Indonesia dan China dengan belajar dari hubungan Indonesia dan Korea Selatan. Indonesia pada masa lalu memiliki perdagangan yang insentif dengan China. Hubungan tersebut diantaranya adalah kerjasama bidang kesenian drama series atau pertukaran budaya lainnya yang bisa menjadi softpower Indonesia terhadap China. (fz)

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya