PENGUMUMAN
Nomor : 33088/UN10.A01/2022
REGISTRASI MAHASISWA LAMA
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2022/2023
PROGRAM DIPLOMA (VOKASI), SARJANA, DAN PASCASARJANA
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Diumumkan kepada seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya untuk melakukan registrasi pada semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 dengan ketentuan sebagai berikut:
I. Registrasi Administrasi:
- Tata cara pembayaran
- Mahasiswa menggunakan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) sebagai kode pembayaran UKT/SPP di semua kanal pembayaran pada bank yang ditunjuk. Proses pembayaran dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu transfer atau menggunakan nomor rekening tertentu.
- Pembayaran UKT/SPP dapat dilakukan melalui bank berikut: BANK MANDIRI, BNI 46, BRI, BTN, BSI. Khusus untuk Fakultas Vokasi, selain bank tersebut di atas juga bisa dibayarkan melalui BCA. Tata cara pembayaran: https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/
- Tidak melayani pembayaran di luar bank yang telah ditentukan.
- Daftar ulang diluar jadwal tidak dilayani.
- Jadwal registrasi administrasi/pembayaran Tanggal pembayaran: 23 Januari s/d 3 Februari 2023
- Syarat-syarat:
- Bagi mahasiswa yang semester sebelumnya cuti kuliah dapat langsung melakukan pembayaran UKT/SPP di bank yang ditunjuk.
- Bagi mahasiswa dengan status tidak terdaftar, blokir atau evaluasi studipada semester sebelumnya, harus mengajukan surat aktif kuliah kembali kepada Rektor yang disetujui oleh Fakultas (Wakil Dekan I) disertai dengan form pernyataan mampu melanjutkan studi sesuai ketentuan yang berlaku.
II. Registrasi Akademik:
- Tata cara registrasi akademik
- Mahasiswa login pada aplikasi SIAM (https://siam.ub.ac.id)
- Mahasiswa melakukan pemutakhiran biodata. Mahasiswa WAJIB mengisi data alamat asal dan alamat di Malang (jika ada) sesuai dengan alamat yang sebenarnya. Pastikan nomor handphone yang dapat dihubungi adalah nomor yang benar dan aktif (Dapat menerima Paket Data Jika ada kebijakan dari Pihak Kementerian). Mohon di pastikan juga kebenaran Nomor Induk Kependudukan (NIK). Informasi yang tidak benar akan mengakibatkan Anda tidak mendapatkan informasi penting yang dikirimkan pada alamat maupun nomor handphone Anda.
- Mahasiswa melakukan pengisian KRS sesuai ketentuan.
- Informasi pelaksanaan pemrograman KRS untuk program Pascasarjana mengikuti pengumuman jadwal yang dikeluarkan oleh Fakultas/Program penyelenggara Pascasarjana
- Jadwal registrasi akademik Tanggal Registrasi: 23 Januari s/d 4 Februari 2023
III. Sanksi Bila Tidak Melakukan Registrasi:
- Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi administrasi pada semester Genap T.A. 2022/2023 dinyatakan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya dan tidak diperkenankan melakukan kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada semester tersebut.
- Bagi Mahasiswa yang telah melakukan registrasi administrasi (pembayaran SPP/UKT) tetapi ternyata secara akademik tidak memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studinya, maka biaya SPP yang dibayarkan pada semester Genap T.A. 2022/2023 akan dikembalikan.
- Mahasiswa yang terlambat atau tidak melaksanakan registrasi administrasi disarankan segera mengajukan permohonan cuti akademik secara online melalui aplikasi SIAM (http://www.siam.ub.ac.id) kepada Rektor, selambat-lambatnya pada tanggal 3 Maret 2023.
- Mahasiswa yang tidak terdaftar lebih dari 2 (dua) semester kumulatif dan berturut-turut, dinyatakan Gagal Studi (Drop Out).
IV. Lain-lain
- Pengajuan Cuti secara online dapat dilakukan mulai pada tanggal 23 Januari s/d 3 Maret 2023 jika disetujui akan dibebaskan dari pembayaran SPP/UKT.
- Permohonan cuti akademik yang diajukan setelah batas akhir pengajuan cuti akademik atau setelah tanggal 3 Maret 2023akan ditolak, tetap diwajibkan membayar SPP/UKT, dan disarankan untuk segera mengajukan permohonan Terminal Kuliah.
- Pembayaran SPP/UKT hanya merupakan bukti telah terdaftar sebagai mahasiswa dan dinyatakan Aktif jika telah melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
- Mahasiswa yang telah menempuh Tugas Akhir (Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi) tetapi belum selesai, tetap diwajibkan melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
- Pelaksanaan registrasi akademik (pengisian KRS) diatur oleh Fakultas masing-masing.
- Tidak ada perpanjangan masa registrasi.
- Mahasiswa di mohon untuk update data Alamat, Nomor HP dan NIK (Nomor Induk kependudukan) pada siam.ub.ac.id, juga pastikan nama saudara sudah sesuai dan terdaftar pada data PD DIKTI di laman: https://pddikti.kemdikbud.go.id/
- Kuliah Semester Genap T.A. 2022/2023di mulai tanggal 13 Februari – 23 Juni 2023. Jadwal dan Teknis Perkuliahan akan di tetapkan oleh Fakultas masing-masing.
- Mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat mengajukan bantuan keuangan sesuai jadwal berikut: KegiatanJadwal Pengajuan Bantuan Keuangan 9 – 20 Januari 2023 pukul 15.00 WIB Verifikasi BEM 20 – 22 Januari 2023 Verifikasi Fakultas 22 – 24 Januari 2023 Pengumuman 25 Januari 2023 Pembayaran 25 Januari – 3 Februari 2023 Tata Cara Pengajuan Bantuan Keuangan adalah sebagai berikut:
- Mengakses laman https://sibaku.ub.ac.id/ untuk informasi jadwal dan panduan aplikasi pengajuan.
- Mengisi form pengajuan bantuan keuangan dengan lengkap dan jujur.
- Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan secara online dibidang Akademik dan keuangan melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id). Untuk layanan Sistem Registrasi Online ke Helpdesk TIK UB melalui aplikasi Helpdesk TIK: (https://helpdesk-tik.ub.ac.id)
a.n. Rektor
Wakil Rektor Bidang Akademik,
Prof. Dr.drh. Aulanni`am, DES.
halaman info resmi : https://ub.ac.id/pengumuman-registrasi-mahasiswa-lama-semester-genap-tahun-akademik-2022-2023-program-diploa-sarjana-dan-pascasarjana/