WISATA QURBAN 2018

Ramadan dan Pertumbuhan Ekonomi
28 May 2018
FESTIVAL EKONOMI ISLAM 2018
30 May 2018

Hari Idul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji dimana dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, di mana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban. Peran pendidikan dalam mengembangkan potensi para pemuda dan pelajar khususnya mahasiswa untuk menjadi pribadi yang baik ketika terjun ke masyarakat sangatlah penting. Hal-hal tersebut tentunya perlu dukungan dan didikank ketika masih di sekolah. Namun sebagai bangsa yang beragama pula, keimanan siswa harus tetap terjaga seterusnya sehingga bisa menjadi pegangan hidup kelak nanti. Pendidikan dan dukungan dalam mewujudkan hal tersebut dapat dilaksanakan dengan kegiatan keagamaan dan sosial.

Forum Studi Islam dan Lingkungan FEB UB mempersembahkan kegiatan yang bernama Wisata Qurban yang merupakan kegiatan rutin setahun sekali untuk memeringati Idul Adha. Kegiatan Wisata Qurban ini diadakan pada hari Rabu, 21-22 Agustus 2018/ 9-10 Dzulhijjah 1439 H di Desa Pagak. Kegiatan Wisata Qurban ini bertujuan untuk melalui kegiatan penyembelihan hewan qurban yang bertujuan meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT, serta menumbuhkan kepekaan sosial terhadap masyarakat sekitar, khususnya menjalin silahturahmi antara Mahasiswa dan dosen serta masyarakat lingkungan sekitar

Kegiatan wisata qurban ini meliputi bincang-bincang dengan warga sekitar, tausyiah dengan mengundang pemateri yang kompeten, sholat ied bersama warga, peningkatan rohani bagi panitia dan penyembelihan hewan kurban.

Rangkaian acara ini dibagi menjadi 2 hari, di mana hari pada tanggal 21 Agustus 2018 para panitia bersama-sama pergi menuju desa pagak sebelum hari

raya Idul Adha untuk melakukan takbiran bersama dengan warga sekitar dan mengadakan tausiyah untuk mengeratkan ukhwah islamiyah. Hari ke 2 dilanjutkan dengan shalat ied Idul Adha bersama warga dan melakukan pemotongan hewan qurban serta membagikannya kepada warga sekitar.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan