FEB UB

FEB UB Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Alokasi Dana ZISWAF

Pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh Tim Jurusan Ilmu Ekonomi (JIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) yang diketuai oleh Dr. Iswan Noor, SE., ME. dengan anggota Aminullah Achmad Muttaqin, Msc.Fin. dan Ika Khusnia Anggraini., SHI., M.H.I

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Alokasi Dana ZISWAF’ dilaksanakan di Balai Desa Banjarejo Kec. Pakis Kab. Malang dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sosialisasi literasi keuangan syariah pada alokasi dana ZISWAF masyarakat Kecamatan Pakis Kabupaten Malang yang dilakukan secara komprehensif berupa pemahaman, kemampuan dan keyakinan terkait hukum dan hikmah zakat, infaq, sedekah dan wakaf, harta objek ZISWAF. Termasuk tata cara dan perhitungan ZISWAF yang pada akhirnya menentukan sikapnya berkenaan dengan keputusan menyalurkan dananya untuk ZISWAF tersebut.

Diharapkan sosialisasi dan edukasi ini dapat berkontribusi dalam membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan di masyarakat.

Kepala Desa, Suko Mulyono sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat daro FEB UB. Ia juga menyampaikan bahwa kebanyakan masyarakat Desa Banjarejo sangat perlu informasi terkait tentang penghimpunan dan distribusi zakat, infaq dan shadaqah serta edukasi bagi masyarakat miskin tentang cara mangalokasikan dana filantropi tersebut agar bermanfaat tidak hanya sesaat saja tapi berjangka panjang.

Di akhir acara diserahkan 10 paket bantuan sembako kepada beberapa warga miskin yang belum tercantum dalam Data Miskin namun terdampak secara ekonomi karena pandem. Bantuan sembako diserahkan langsung oleh tim pengabdian dengan disaksikan Kepala Desa dan para peserta yang hadir.

Scroll to Top
Skip to content