FEB UB White Teks (1)

Recent Posts

Categories

Certified Public Accountant (CPA) Days 2018 “Uji Kompetensi Seputar Akuntansi dan Auditing bagi Mahasiswa”

Certified Public Accountant (CPA) Days 2018 merupakan kompetisi Akuntansi dengan lingkup nasional. Lomba ini diadakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai suatu wadah dalam upaya mengimplementasi ilmu yang didapat selama masa perkuliahan. Selain menjadi suatu wadah dalam implementasi ilmu, melalui CPA Days diharapkan dapat menguji tingkat kemampuan tidak hanya secara konsep tetapi juga kemampuan secara teknis seluruh mahasiswa seIndonesia. Rangkaian CPA DAYS 2018 terdiri atas: Seminar, Babak Penyisihan I, Babak Penyisihan II, Babak Semifinal, Babak Final, Diskusi Akuntan yang diselenggarakan pada tanggal 26 – 27 November 2018. Seluruh rangkaian CPA DAYS 2018 berlangsung di Gedung FELFEST Faculty Club Universitas Indonesia Depok. CPA DAYS 2018 dibuka bersamasama oleh Wakil Rektor 2 Universitas Indonesia Prof. Sidharta Utama, PhD., Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI Bambang Karuliawasto, Plt. Kepala PPPK Kemenkeu RI Bhimantara Widyajala, dan Ketua Umum IAPI Tarkosunaryoacara berlajut dengan seminar yang membahas tentang peran regulator dalam pembinaan dan pengawasan profesi akuntan di Indonesia, Adopsi kurikulum akuntansi, dan jenjang CPA di Indonesia.

Tahap pertama dalam kompetisi CPA DAYS yaitu babak penyisihan I. Pada babk ini seluruh peserta mengerjakan soal yang disiapkan oleh panitia berjumlah 90 soal dalam waktu 60 menit. Pada babak penyisihan I ini dipilih 25 tim dari total 68 peserta dengan poin tertinggi untuk melanjutkan ke babak penyisihan II. Babak penyisihan II peserta mengerjakan 90 soal dalam waktu 60 menit. Pada babak ini dipilih 10 tim dengan poin tertinggi untuk melanjutkan ke babak selanjutnya. Tim Universitas Brawijaya tidak dapat melanjutkan ke babak semifinal dan final kerena berada pada peringkat 15.

Babak semifinal CPA DAYS 2018 berlangsung dengan sistem quiz, dimana dewan juri membacakan pertanyaan secara acak kepada masing-masing peserta. Peserta yang mendapat giliran menjawab, langsung mengajukan jawabannya secara lisan. Pada babak ini dipilih 3 tim dengan poin tertinggi untuk melanjutkan ke babak final. Tiga tim yang melaju ke babak final terdiri atas dua tim dari Politeknik Keuangan Negara (STAN), dan satu tim dari Trisakti School of Management. Pada babak ini terdiri dari tiga babak, yaitu babak wajib, rebutan, dan pertanyaan juri kehormatan. Pertanyaan yang keluar pada babak ini berupa study case tentang auditing & asuran dan akuntansi keuangan. Setelah babak final selesai, seluruh peserta diarahkan menuju ruang diskusi panel. Dalam diskusi ini hadir tiga pembicara yang membahas tentang “Akuntansi
Jaman Now”. Setelah diskusi berakhir, diumumkan ketiga pemenang CPA DAYS

  1. Juara pertama dan kedua diraih oleh tim dari Politeknik Keuangan Negara
    (STAN) dan juara ketiga diraih oleh tim dari Trisakti School of Management.
Scroll to Top
Skip to content