FEB-UB-White-Teks-1-1_50

Recent Posts

Categories

Kuliah Tamu Jurusan Akuntansi Bahas Data Analytics for Auditing

MALANG – Kamis (02/05/2019) telah berlangsung kuliah tamu jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) di aula gedung F lantai 7 FEB UB. Kuliah tamu ini menghadirkan Agung Nugroho Soedibyo selaku Senior Partner di RSM Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan dari ketua jurusan Akuntansi FEB UB, Dr. Drs. Roekhudin, M.Si., Ak. “Yang kita butuhkan saat ini adalah pengetahuan tentang teknologi dan big data. Topik ini sangat penting untuk dipahami oleh mahasiswa. Jadi jangan sia-siakan kesempatan seperti ini, agar nanti dipraktiknya tidak asing lagi”paparnya.

Dalam kesempatan ini, Agung menyampaikan bahwa di era teknologi seperti ini, mahasiswa Akuntansi yang merupakan generasi millenial harus dapat memanfaatkan “Quantum Leap” agar mampu mendesain kembali proses audit menggunakan teknologi yang ada pada hari ini.

Agar penggunaan teknologi bisa dilakukan, dibutuhkan suatu perubahan paradigma (paradigm shift) dari industri audit, dimana Auditor harus selalu mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Dalam akuntansi, perubahan paradigma dimulai dari pencil based, yang mana tiap tingkatan auditor mengerjakan working paper dengan pensil dengan warna yang berbeda. Kemudian berlanjut ke tahap personal computer based, going paperless dan sampai pada saat ini, yaitu tahap data analytics.

Namun, paradigma tidak akan berhenti pada tahap itu saja, di kemudian hari akan ada tahap continues auditing dan tahap lainnya yang masih menjadi sebuah misteri. “Jika big data telah sempurna, auditing mungkin tidak akan dibutuhkan lagi”kata Agung.

Agung juga menyampaikan bahwa proses data analytic terdiri empat hal, yaitu 1)descriptive analytics, yakni tentang apa yang sedang terjadi; 2)diagnostic analytics, yakni tentang mengapa terjadi; 3)predictive analytics, yakni tentang apa yang akan terjadi; dan 4)prescriptive analytics, yakni untuk menetapkan tindakan.

Kemudian tekait dengan auditing standard, Agung menyampaikan bahwa masih terdapat kesenjangan (gap) antara auditing standard yang berlaku saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Dalam kuliah tamu kali ini, Agung menghimbau mahasiswa untuk mulai menyukai mata kuliah statistika. “Generasi milenial itu malas sekali mengumpukan data, tapi sebenarnya sangat smart dalam menggunakan data analytics, maka yang saat ini benci statistika, mulailah menyukai, karena di dunia kerja Anda tidak akan terlepas darinya”ujarnya.

Dalam kesempatan ini Agung juga menyempatkan untuk memberikan sedikit gambaran tentang IDEA, yang merupakan salah satu alat (software) yang digunakan dalam data analytics for auditing.

Scroll to Top
Skip to content