FEB-UB-White-Teks-1-1_50

Recent Posts

Categories

FEB UB Gelar JIE Mengabdi, Sosialisasi Nilai Ekonomi Food Safety

Tim Dosen dari Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) melaksanakan pengandian masyarakat dengan tajuk ‘JIE Mengabdi’. JIE Mengabdi memberikan sosialosasi seputar nilai ekonomi food safety di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan tentang nilai ekonomi foodsafety dan peluang usaha selama pandemi. Pengabdian masyarakat dilakukan oleh tim pengabdian dengan ketua Dr. Sri Muljanngsih SE., MSP. dengan anggota Dr. Nurul Badriyah, SE., ME., Atu Bagus Wiguna, S.E., M.E., Laila Masruro Pimada, S.E., M.SEI.

Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, peserta dan pemateri terbatas dan dalam ruangan yang terbuka. Ada sekitar 17 orang yang mengikuti kegiatan JIE Mengabdi, yang berasal dari pemerintah desa, Ibu-Ibu PKK, dan masyarakat desa.

Materi tentang food safety disampaikan oleh Dr. Nurul Badriyah, SE., ME. Dalam penjelasannya orang tua terutama ibu merupakan gerbang bagi masuknya makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga dirumah.

Ibu-ibu perlu paham tentang kesehatan makanan karena selain ibu yang menyediakan konsumsi anggota rumah tangga, ibu juga perlu menjaga pengeluaran yang tidak perlu. Tampak Ibu-ibu PKK begitu antusias dalam pembahasan food safety ini.

Masih terkait dengan pembahasan sebelumnya, Dr. Nurul Badriyah, SE., ME. juga menambahkan dengan bertambahnya pemahaman Ibu-ibu perihal kesehatan makanan, hal ini juga dapat dijadikan usaha rumah tangga.

Kesempatan ini dapat menjadi peluang usaha karena menurut survey BPS (2020) produk yang mengalami peningkatan penjualan selama pandemi adalah produk untuk memenuhi kebutuhan kesehatan (20%) dan produk untuk memenuhi kebutuhan makanan dan minuman (8%).

Kegiatan JIE Mengabdi oleh FEB UB di Desa Mangliawan diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial kepada warga yang diwakili oleh salah seorang warga yang akan diserahkan kepada warga yang berhak

Scroll to Top
Skip to content